Skip to main content

KLASIFIKASI KONSEP E-COMMERCE BERDASARKAN SIFAT TRANSAKSINYA


   Masyarakat bergaya hidup modern di tengah kemajuan internet. Menciptakan magnet yang saling tarik menarik, bersama tingginnya penggunaan internet. Internet berkembang pesat diikuti dengan sebuah  layanan berbasis elektronik (internet) untuk melakukan segala aktivitas seperti transaksi , berdagang, atau belanja online  yang juga disebut Elektronic commerce (e-commerce).

Baca Juga: PENGAMANAN PADA SISTEM E-COMMERCE

    Memberikan sebuah kemudahan bagi para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi jual beli melalui internet. Teknologi yang sedang populer ini kian bertambah penggunanya, serta semakin banyak diminati sehingga membuatnya menetapkan aturan-aturan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.  Maka dari itu, agar mudah di pahami konsep e-commerce berdasarkan sifat transaksinya diklasifikasi menjadi beberapa bagian. Dan inilah klasifikasi konsep e-commerce tersebut. 


1. Customer  to bussines (C2B)

Konsep E-commerce dimana pelaku bisnis perorangan atau individu melakukan interaksi atau transaksi dengan suatu atau beberapa perushaan. Jenis e-commerce ini sangat jarang dilakukan di Indonesia. Contoh portal e-commerce yang menerapkan konsep seperti ini adalah priceline.com.

2. Costumer to costumer (C2C)

Konsep e-commerce dimana perorangan atau individu berinteraksi langsung dengan individu lain sebagai pembeli atau penjual. Kosnsep e-commerce jenis ini banyak digunakan dalam situs online auction atau lelang secara online. Salah satu contoh portal e-commerce yang menerapkan konsep C2C ini adalah e-bay.com.

3. Bussines to costumer (B2C)

Model e-commerce dimana pelaku bisnisnya melibatkan langsung antara penjual ( penyedia jasa e-commerce) dengan individu ( buyers) atau pembeli. Salah satu contoh layanan ini adalah airasia.com.

4. Bussiness to Bussiness (B2B)

Konsep e-commerce dimana pelaku bisnisnya adalah perusahaan, sehingga proses transaksi dan informasinya adalah satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Contoh penerapan konsep e-commerce ini adalah beberapa situs e-banking yang melayani transaksi antar perusahaan.

 Pengklasifikasian konsep e-commerce berperan penting dalam menentukan arah dan tujuan layanan berbasis elektronik internet tersebut. Oleh sebab itu, dengan e-commerce para konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk, harga, dan kualitas tanpa harus berkunjung langsung ke kantor usaha maupun toko penjualan.

Comments

Popular posts from this blog

ZEINTIN RETAIL SEPATU ASAL CIBADUYUT

 Bandung Cibaduyut patut berbangga dengan predikatnya sebagai sentra sepatu kulit di Indonesia. Kemampuan para pengrajin dari kecamatan Bojongloa Kidul ini menghasilkan produk lokal dengan daya saing internasional.  Baca juga:  VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR  Zeintin Retail Sepatu asal Cibaduyut. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1984 dengan awal usahanya di bidang Retail sepatu. Hingga saat ini sudah lebih dari 30 tahun usaha produksi dan perdagangan sepatu ini masih bertahan. Selain sepatu, Zeintin juga merambah ke bidang produksi lain seperti Tas, Sandal ,Kaos, Jaket, Kemeja, Dompet, Ikat pinggang dll.    VISI dari Zeintin adalah bagaimana menjadikan produk nasional khusus nya Sepatu merk Zeintin bisa menjadi primadona di negeri sendiri dan bisa bersaing di pasar internasional.   Dan, MISI nya  adalah bagaimana menjadikan produk Zeintin ini sebagai peluang usaha bagi banyak pihak dan dapat me...

TOKO ONLINE PARCELLAKU

Parcellaku kini hadir di e-commerce atau marketplace terpercaya dan terpopuler. Beli aneka produk makanan ringan hanya di parcellaku secara online sekarang. Kamu bisa beli produk makanan ringan dari Toko Online Parcellaku dengan aman dan mudah dari kota Bekasi. Ingin belanja lebih hemat dan terjangkau di Toko Online Parcellaku? Kamu bisa juga gunakan fitur cicilan 0% dari berbagai bank pilihan yang di sediakan e-commerce masing-masing, sehingga kamu bisa belanja online dengan nyaman di semua Toko Online Parcellaku. Berbagai variasi produk pilihan yang bisa kamu dadapatkan hanya di Parcellaku. Untuk mepermudah pembelian dan pemesanan, kunjungi Toko online Parcellaku di situs dan platform jual beli online kesayangan kalian, seperti : Klik Disini 👉   TOKOPEDIA   Klik Disini 👉   SHOPEE    Klik Disini 👉   BUKALAPAK Klik Disini 👉   KASKUS   Klik Disini 👉   LAZADA Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu membuat akun disetiap e-commerce atau mar...

BANGKA, MENGAPA HARUS KRUPUK BANGKA SEVEN STAR?

Suka makan kerupuk? Mau krupuk yang beda dari yang lain? Atau baru pertama kali makan krupuk? Sudah siap mencicipi krupuk Bangka Seven Star ?  Perlukah sebuah alasan, agar kalian mau mencicipi makanan ini? Jika perlu, Silahkan di simak yaa ... alasan mengapa kalian harus mencoba Krupuk Bangka Seven Star di bawah ini !!! Oia, Krupuk Bangka Seven Star bisa di beli di Parcellaku atau  di  Warung Langganan Parcellaku   yaa.  Tidak mudah melempem dan tahan lama dari bau tengik karena sudah ada dalam kemasan plastik.  Cocok untuk para pelaku usaha kuliner seperti bakso, soto, tongseng dan sebagainya. Tidak memakan tempat usaha serta perputaran penjualan juga cepat karena kerupuk merupakan primadona pendamping makan. Gurih dan renyah. Sudah jelas menjadi dasar yang paling utama dari alasan kuat kalian mencicipi makanan ini Bahan utama dari krupuk Bangka Seven Star adalah Ikan Tenggiri dengan tapioka, garam, bumbu penyedap, telur dan lain-lain. Kar...