Skip to main content

KLASIFIKASI KONSEP E-COMMERCE BERDASARKAN SIFAT TRANSAKSINYA


   Masyarakat bergaya hidup modern di tengah kemajuan internet. Menciptakan magnet yang saling tarik menarik, bersama tingginnya penggunaan internet. Internet berkembang pesat diikuti dengan sebuah  layanan berbasis elektronik (internet) untuk melakukan segala aktivitas seperti transaksi , berdagang, atau belanja online  yang juga disebut Elektronic commerce (e-commerce).

Baca Juga: PENGAMANAN PADA SISTEM E-COMMERCE

    Memberikan sebuah kemudahan bagi para penggunanya untuk memenuhi kebutuhan mereka akan informasi jual beli melalui internet. Teknologi yang sedang populer ini kian bertambah penggunanya, serta semakin banyak diminati sehingga membuatnya menetapkan aturan-aturan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.  Maka dari itu, agar mudah di pahami konsep e-commerce berdasarkan sifat transaksinya diklasifikasi menjadi beberapa bagian. Dan inilah klasifikasi konsep e-commerce tersebut. 


1. Customer  to bussines (C2B)

Konsep E-commerce dimana pelaku bisnis perorangan atau individu melakukan interaksi atau transaksi dengan suatu atau beberapa perushaan. Jenis e-commerce ini sangat jarang dilakukan di Indonesia. Contoh portal e-commerce yang menerapkan konsep seperti ini adalah priceline.com.

2. Costumer to costumer (C2C)

Konsep e-commerce dimana perorangan atau individu berinteraksi langsung dengan individu lain sebagai pembeli atau penjual. Kosnsep e-commerce jenis ini banyak digunakan dalam situs online auction atau lelang secara online. Salah satu contoh portal e-commerce yang menerapkan konsep C2C ini adalah e-bay.com.

3. Bussines to costumer (B2C)

Model e-commerce dimana pelaku bisnisnya melibatkan langsung antara penjual ( penyedia jasa e-commerce) dengan individu ( buyers) atau pembeli. Salah satu contoh layanan ini adalah airasia.com.

4. Bussiness to Bussiness (B2B)

Konsep e-commerce dimana pelaku bisnisnya adalah perusahaan, sehingga proses transaksi dan informasinya adalah satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Contoh penerapan konsep e-commerce ini adalah beberapa situs e-banking yang melayani transaksi antar perusahaan.

 Pengklasifikasian konsep e-commerce berperan penting dalam menentukan arah dan tujuan layanan berbasis elektronik internet tersebut. Oleh sebab itu, dengan e-commerce para konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk, harga, dan kualitas tanpa harus berkunjung langsung ke kantor usaha maupun toko penjualan.

Comments

Popular posts from this blog

ZEINTIN RETAIL SEPATU ASAL CIBADUYUT

 Bandung Cibaduyut patut berbangga dengan predikatnya sebagai sentra sepatu kulit di Indonesia. Kemampuan para pengrajin dari kecamatan Bojongloa Kidul ini menghasilkan produk lokal dengan daya saing internasional.  Baca juga:  VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR  Zeintin Retail Sepatu asal Cibaduyut. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1984 dengan awal usahanya di bidang Retail sepatu. Hingga saat ini sudah lebih dari 30 tahun usaha produksi dan perdagangan sepatu ini masih bertahan. Selain sepatu, Zeintin juga merambah ke bidang produksi lain seperti Tas, Sandal ,Kaos, Jaket, Kemeja, Dompet, Ikat pinggang dll.    VISI dari Zeintin adalah bagaimana menjadikan produk nasional khusus nya Sepatu merk Zeintin bisa menjadi primadona di negeri sendiri dan bisa bersaing di pasar internasional.   Dan, MISI nya  adalah bagaimana menjadikan produk Zeintin ini sebagai peluang usaha bagi banyak pihak dan dapat menciptakan lapangan kerja baru.  Kemampuan u

ALASAN KUAT UNTUK BELANJA ONLINE

Fenomena belanja online sedang terjadi di Indonesia, dan salah satu faktornya adalah pertumbuhan e-commerce atau perdagangan elektronik yang juga semakin pesat.  Dengan pertumbuhan tersebut, merubah kebiasaan dan perilaku masyarakat dalam bertranksaksi. Dari belanja konvensional menjadi belanja online.  Masyarakat yang terbiasa melakukan transaksi konvensional pasti bingung, serta mencari alasan dan penyebab, mengapa banyak orang suka dengan  transaksi atau belanja online? Berikut alasan kuat untuk belanja online.  1. Hemat waktu dan tenaga. Tak perlu mengeluarkan tenaga untuk keluar rumah, menghabiskan waktu dengan kemacetan, mengantri di kasir, hingga menenteng banyak barang di pusat perbelanjaan.  Dengan belanja online dan mengakses internet melalui smartphone,  kamu bisa melihat-lihat barang, hingga bertranksaksi kapan saja dan dimana saja, baik itu di kantor, dirumah,  atau di dalam perjalanan sekalipun. Setelah itu, barang yang dibeli diantar langsung ke al

VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR

Parcellaku menjual Kerupuk Bangka Seven Star yang sudah terbukti lebih berkualitas, terbuat dari bahan-bahan pilihan yang selalu dijaga mutu dan standarnya, tanpa bahan pengawet, sehingga menghasilkan kerupuk kemplang yang renyah dan gurih. Kerupuk  Bangka Seven Star sudah terdaftar di Dinas Kesehatan dengan nomor registrasi DIN KES P-IRT: 206367401246. Baca juga: BANGKA, MENGAPA HARUS KRUPUK BANGKA SEVEN STAR? Variasi Produk dan Kemasan Kerupuk Bangka Seven Star tersedia dengan beberapa pilihan yang Anda dapat pesan, diantaranya: Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 2 Keping  Menjadi produk yang perputaran penjualan nya cepat untuk para pelaku usaha kuliner. Sudah terbukti dengan menjadi pendamping makanan di  Warung Langganan Parcellaku  yang menjadi mitra kami. Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 5 Keping Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 18 Keping Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Kecil Isi 20 Kerupuk Bangka Seven Sta