Skip to main content

HAL YANG “LUMRAH” TERJADI, DI BERBAGAI JASA PENGIRIMAN

 Industri jasa saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat seiring dengan kebutuhan masyarakat akan berbagai jenis jasa dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan industri jasa yang semakin besar yang didukung oleh kemajuan teknologi komunikasi dan informasi. 

   Jasa pengiriman barang adalah suatu industri jasa penunjang yang terlibat langsung dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi tersebut. Oleh karena itu, industri jasa di bidang pengiriman mempunyai peranan penting, seperti penunjang dalam keberhasilan transaksi jual beli online atau  e-commerce saat ini. 

   Para pelaku usaha yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang merupakan salah satu usaha jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat di mana jasa tersebut mempermudah masyarakat yang menginginkan suatu barang dapat diterima oleh kerabatnya ataupun orang yang dituju walaupun jarak antara kedua belah pihak saling berjauhan.  

 Dalam kegiatannya, proses pengiriman barang dari suatu wilayah ke wilayah yang lainnya tidak selalu berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Hal lumrah tersebut pun maklum terjadi berbagai jasa pengiriman, mengingat penundaan pengiriman tidak hanya terjadi karena human error saja akan tetapi juga faktor wilayah yang dituju khususnya ketika wilayah yang dituju merupakan wilayah yang jauh dari kota dengan medan tempuh yang susah untuk dilalui. Sehingga pada akhirnya proses pengiriman barang pun tertunda dari jadwal yang telah ditetapkan.

 Permasalahan dalam proses pengiriman barang tidak hanya terjadi karena medan tempuh saja akan tetapi juga karena penerima barang yang perusahaan jasa tuju tidak sedang berada di rumah padahal pengirim barang juga harus mengirimkan barang yang lain sesegera mungkin ke tempat lainnya sehingga penundaan barang pun terjadi. 

  Dan ketika barang yang diterima dalam keadaan cacat atau tidak sempurna seperti yang diinginkan ataupun ketika barang yang dikirim tidak sampai pada waktunya sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dapat menimbulkan masalah baru yang menyebabkan para konsumen merasa dirugikan.

  Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada proses pengiriman barang tersebut, pada akhirnya berakhir pada pemberian komplain kepada perusahaan penyedia jasa pengiriman sebagai rasa kecewa atas penundaan pengiriman barang yang terjadi. Mengingat pelanggan pengguna jasa telah membayar dan mempunyai pengharapan yang baik bahwa barang yang dikirim oleh perusahaan penyedia jasa pengiriman akan tiba tepat pada waktunya. 

  Suatu permasalahan bisa terjadi kapan saja, maka penyedia layanan jasa pengiriman harus menyiapkan strategi untuk membuat pengguna jasa tetap percaya dan selalu menggunakan jasanya. Salah satunya adalah penanganan keluhan pelanggan yang dijalankan oleh bagian Costumer Service baik melalui jalur telepon, pengaduan lewat internet ataupun bertemu secara langsung. 

  Selain itu juga penyedia harus memastikan apakah pelayanan keluhan pelanggan yang diberikan telah berjalan efektif sesuai dengan Standard Operational Procedure, untuk membuat pengguna jasa tetap selalu setia dalam menggunakan jasa yang di berikan. Mengingat persaingan yang semakin ketat antara pesaing lain maka dibutuhkan komitmen yang kuat untuk tetap mempertahankan pelanggannya. 

Comments

Popular posts from this blog

ZEINTIN RETAIL SEPATU ASAL CIBADUYUT

 Bandung Cibaduyut patut berbangga dengan predikatnya sebagai sentra sepatu kulit di Indonesia. Kemampuan para pengrajin dari kecamatan Bojongloa Kidul ini menghasilkan produk lokal dengan daya saing internasional.  Baca juga:  VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR  Zeintin Retail Sepatu asal Cibaduyut. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1984 dengan awal usahanya di bidang Retail sepatu. Hingga saat ini sudah lebih dari 30 tahun usaha produksi dan perdagangan sepatu ini masih bertahan. Selain sepatu, Zeintin juga merambah ke bidang produksi lain seperti Tas, Sandal ,Kaos, Jaket, Kemeja, Dompet, Ikat pinggang dll.    VISI dari Zeintin adalah bagaimana menjadikan produk nasional khusus nya Sepatu merk Zeintin bisa menjadi primadona di negeri sendiri dan bisa bersaing di pasar internasional.   Dan, MISI nya  adalah bagaimana menjadikan produk Zeintin ini sebagai peluang usaha bagi banyak pihak dan dapat me...

BANGKA, MENGAPA HARUS KRUPUK BANGKA SEVEN STAR?

Suka makan kerupuk? Mau krupuk yang beda dari yang lain? Atau baru pertama kali makan krupuk? Sudah siap mencicipi krupuk Bangka Seven Star ?  Perlukah sebuah alasan, agar kalian mau mencicipi makanan ini? Jika perlu, Silahkan di simak yaa ... alasan mengapa kalian harus mencoba Krupuk Bangka Seven Star di bawah ini !!! Oia, Krupuk Bangka Seven Star bisa di beli di Parcellaku atau  di  Warung Langganan Parcellaku   yaa.  Tidak mudah melempem dan tahan lama dari bau tengik karena sudah ada dalam kemasan plastik.  Cocok untuk para pelaku usaha kuliner seperti bakso, soto, tongseng dan sebagainya. Tidak memakan tempat usaha serta perputaran penjualan juga cepat karena kerupuk merupakan primadona pendamping makan. Gurih dan renyah. Sudah jelas menjadi dasar yang paling utama dari alasan kuat kalian mencicipi makanan ini Bahan utama dari krupuk Bangka Seven Star adalah Ikan Tenggiri dengan tapioka, garam, bumbu penyedap, telur dan lain-lain. Kar...

PARCELLAKU CASHBACK Rp.10.000 KHUSUS FOLLOWER BARU DI TOKOPEDIA

Hai Parcellovers, tahukah kamu sedang ada Kupon Parcellaku cashback Rp.10.000?. Khusus Follower Baru di Tokopedia , lho!  Cara mendapatkannya sangat mudah, kamu cukup kunjungi & follow toko Parcellaku yang ada di Tokopedia . Periode Kupon ini berlangsung dari tanggal 10 November 2021 s/d 9 Desember 2021. Setelahnya, kalian bisa menggunakan kupon tersebut untuk berbelanja hemat di Parcellaku.  Cek detail Syarat dan ketentuannya di bawah ini yaa. Syarat dan Ketentuan 1.     Voucher Cashback NEWFOLLOWER hanya berlaku untuk Follower Baru di Tokopedia . 2.     Voucher Cashback dapat digunakan dengan membuka halaman promo di Keranjang. 3.     Voucher Cashback hanya berlaku apabila pembelian Pengguna sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang tertera pada voucher. 4.     Nominal cashback yang bisa didapatkan sebesar Rp 10.000. 5.     Voucher Cashbac...