Skip to main content

KENALI PENJUAL DENGAN BAIK

Ketika pertama kali membeli barang dari penjual tertentu. Akan lebih baik jika Anda mencari tahu dahulu mengenai penjual tersebut. Perhatikan penilaian yang di berikan untuk penjual, lihat juga ulasan-ulasan produk dan beberapa produk lainnya yang ada di toko penjual tersebut. Mengenali penjual dapat menambah pengalaman Anda saat bertransaksi.  

Mungkin Anda mempunyai beberapa kriteria penilaian tersendiri dalam mengenali sang penjual lebih dalam. Namun, umumnya kriteria penilaian untuk mengenali penjual dengan baik  dapat di dasarkan pada sifat-sifat yang harus dimiliki oleh penjual tersebut agar di sukai konsumen. Oleh karena itu, kenalilah penjual dengan baik berikut ini,  dengan memperhatikan sifat-sifat seperti yang ada di  bawah ini. 

1. Tanggap. 

Sifat tanggap membantu Anda dalam mengenali sang penjual. Bayangkan Anda datang ke sebuah toko namun di acuh kan oleh si penjual, apa yang dapat Anda rasakan?  pasti merasa kecewa dan tidak di hargai. Pembeli selalu memberikan penilaian tersendiri terhadap penjual yang tanggap dan  cepat dalam merespon. Seperti seberapa cepat penjual menyambut Anda, bagaimana kinerjanya dalam membantu memberikan solusi dalam pemilihan produk dengan baik atau pun dengan pelayanannya. 

2. Murah senyum.  

Senyuman menjadi gambaran pribadi seseorang dalam melakukan hubungan dengan orang lain. Jadi, penjual yang bijak semestinya memperbanyak senyuman apalagi terhadap pembeli atau konsumen. Penjual yang baik pasti memberikan senyuman yang tulus dan tidak di buat-buat,  Anda sebagai pembeli pasti dapat merasakan perbedaan tersebut. Karena senyuman adalah bahasa universal yang menggambarkan perasaan seseorang untuk menawarkan persahabatan terhadap orang lain. Senyuman dapat memunculkan ikatan batin yang kuat antara penjual dan pembeli sehingga Anda akan merasa nyaman melakukan transaksi di toko penjual tersebut atau melakukan penawaran produk yang ingin Anda beli. 

3. Bersahabat. 

Hal lain untuk mengenali penjual dengan baik adalah memperhatikan penjual yang menampakan sikap bersahabat terhadap pembeli. Kenapa hal tersebut mesti dilakukan? Tentu sebagai pembeli kita menginginkan perlakuan  yang di prioritaskan  dari si penjual, misalkan ramah dan memperlihatkan gestur tubuh yang menampilkan aura bersahabat. Apalagi jika pembelinya seorang wanita atau orang tua yang memiliki perasaan yang cukup sensitif, maka harus di layani dengan lemah lembut. Penjual yang baik tentunya akan menjaga hubungan yang bersahabat dengan si pembeli dan biasanya di wujudkan dalam bentuk promosi, discount, serta lainnya. 

4. Jujur. 

Kejujuran seorang penjual akan sangat bernilai dalam membangun usahanya hingga sukses. Sifat jujur adalah sifat yang sangat penting yang harus di miliki oleh pelaku bisnis. Penjual yang tidak jujur kepada pembeli hanya akan menjadi bumerang terhadap reputasi usaha yang di kelolanya. Dan menjadi buah bibir di antara pembeli yang lain. Anda dapat mengenali kejujuran seorang penjual dengan cara menanyakan sedetail-detailnya tentang produk yang mereka tawarkan. 

5. Menguasai barang dagangan.

Tidak jarang kita menemukan penjual yang justru tidak menguasai barang dagangan yang mereka jual. Padahal kunci utama penjual yang baik adalah dengan menguasai semua item dagangannya agar pembeli merasa puas berbelanja dan mendapatkan pengalaman yang baik di toko si penjual tersebut. Kesalahan informasi produk seperti apa kelebihan atau kekurangan dan manfaat atau risiko  yang tidak di pahami si penjual dapat mengakibatkan kekecewaan pembeli yang akhirnya berbuntut dengan komplain atau tuntutan ganti rugi. Jika Anda seorang pembeli yang awam atas suatu produk tertentu bertemu dengan penjual yang tidak menguasai produk tersebut, maka apa yang akan terjadi selanjutnya? 

6. Komunikatif. 

Pengertian komunikatif di sini, bukan hanya pandai atau aktif dalam berbicara. Tetapi juga harus  memiliki rasa empati, mudah untuk diajak bercerita bahkan kalau bisa memiliki sisi humoris yang bisa mencairkan suasana terhadap pembeli, sehingga pembeli tidak merasa kaku atau canggung ketika berbelanja. Penjual yang memiliki pribadi komunikatif akan lebih mudah di ingat oleh calon pembeli begitu juga sebaliknya.



Comments

Popular posts from this blog

ZEINTIN RETAIL SEPATU ASAL CIBADUYUT

 Bandung Cibaduyut patut berbangga dengan predikatnya sebagai sentra sepatu kulit di Indonesia. Kemampuan para pengrajin dari kecamatan Bojongloa Kidul ini menghasilkan produk lokal dengan daya saing internasional.  Baca juga:  VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR  Zeintin Retail Sepatu asal Cibaduyut. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1984 dengan awal usahanya di bidang Retail sepatu. Hingga saat ini sudah lebih dari 30 tahun usaha produksi dan perdagangan sepatu ini masih bertahan. Selain sepatu, Zeintin juga merambah ke bidang produksi lain seperti Tas, Sandal ,Kaos, Jaket, Kemeja, Dompet, Ikat pinggang dll.    VISI dari Zeintin adalah bagaimana menjadikan produk nasional khusus nya Sepatu merk Zeintin bisa menjadi primadona di negeri sendiri dan bisa bersaing di pasar internasional.   Dan, MISI nya  adalah bagaimana menjadikan produk Zeintin ini sebagai peluang usaha bagi banyak pihak dan dapat menciptakan lapangan kerja baru.  Kemampuan u

ALASAN KUAT UNTUK BELANJA ONLINE

Fenomena belanja online sedang terjadi di Indonesia, dan salah satu faktornya adalah pertumbuhan e-commerce atau perdagangan elektronik yang juga semakin pesat.  Dengan pertumbuhan tersebut, merubah kebiasaan dan perilaku masyarakat dalam bertranksaksi. Dari belanja konvensional menjadi belanja online.  Masyarakat yang terbiasa melakukan transaksi konvensional pasti bingung, serta mencari alasan dan penyebab, mengapa banyak orang suka dengan  transaksi atau belanja online? Berikut alasan kuat untuk belanja online.  1. Hemat waktu dan tenaga. Tak perlu mengeluarkan tenaga untuk keluar rumah, menghabiskan waktu dengan kemacetan, mengantri di kasir, hingga menenteng banyak barang di pusat perbelanjaan.  Dengan belanja online dan mengakses internet melalui smartphone,  kamu bisa melihat-lihat barang, hingga bertranksaksi kapan saja dan dimana saja, baik itu di kantor, dirumah,  atau di dalam perjalanan sekalipun. Setelah itu, barang yang dibeli diantar langsung ke al

VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR

Parcellaku menjual Kerupuk Bangka Seven Star yang sudah terbukti lebih berkualitas, terbuat dari bahan-bahan pilihan yang selalu dijaga mutu dan standarnya, tanpa bahan pengawet, sehingga menghasilkan kerupuk kemplang yang renyah dan gurih. Kerupuk  Bangka Seven Star sudah terdaftar di Dinas Kesehatan dengan nomor registrasi DIN KES P-IRT: 206367401246. Baca juga: BANGKA, MENGAPA HARUS KRUPUK BANGKA SEVEN STAR? Variasi Produk dan Kemasan Kerupuk Bangka Seven Star tersedia dengan beberapa pilihan yang Anda dapat pesan, diantaranya: Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 2 Keping  Menjadi produk yang perputaran penjualan nya cepat untuk para pelaku usaha kuliner. Sudah terbukti dengan menjadi pendamping makanan di  Warung Langganan Parcellaku  yang menjadi mitra kami. Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 5 Keping Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 18 Keping Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Kecil Isi 20 Kerupuk Bangka Seven Sta