Konten adalah raja. pernyataan tersebut memang benar adanya,
namun tidak semua konten adalah raja. Hanya konten berkualitas lah yang
merupakan rajanya. Bagi para creator konten, memprioritaskan konten menjadi hal
yang paling utama di lakukan. Di sebabkan persaingan yang ketat dalam
menghasilkan konten. Mereka akan berrlomba-lomba untuk membuat konten
yang terbaik.
Konten merupakan informasi yang ada dan tersedia melalui produk elektronik atau media. Jika mendengar kata konten, maka akan ada 5 hal penting dalam prioritas konten. Dengan memprioritaskan konten dan menentukan apa yang harus di dahulukan, akan mempermudah Anda dalam proses pembuatannya. Agar konten yang di hasilkan, dapat menjadi daya tarik tersendiri di banding konten lainnya. Dalam artikel ini akan membahas 5 Hal Penting Dalam Prioritas Konten tersebut. Hal-hal apa sajakah yang harus di prioritaskan? berikut penjelasannya:
1.1. TUJUAN KONTEN
Semua berawal dari hasrat atau keinginan pembuatan konten itu sendiri. Yang akan membawa Anda pada sebuah tujuan yang ingin di raih. Ketahui tujuan yang ingin Anda capai sebelum, memulai, merencanakan dan membuat content. Dengan begitu pembuatan konten akan jauh lebih matang dan terfokus. Menentukan tujuan dari konten, memperjelas target serta isi dari sebuah informasi yang akan disampaikan. Seperti halnya konten berbentuk artikel ini yang tujuannya adalah edukasi dengan membahas hal-hal dalam prioritas konten secara umum. Karena membuat suatu konten, beragam cara, pengelolaan, jenis dan prosesnya. Cara untuk menentukan tujuan dapat dilakukan dengan mengklasifikasikannya atau mengelompokannya berdasarakan hal-hal yang ada di bawah ini. Jadi, masih bingung bagaimana menentukan tujuan content Anda?
1.2. SYARAT DAN KETENTUAN KONTEN
Pentingnya syarat dan ketentuan dalam prioritas konten. Mengingat defenisi dari konten yang merupakan informasi yang ada di media atau produk elektronik. Maka syarat dan ketentuan dari pembuatan konten harus lah informatif. Di iringi dengan hal-hal yang relevan dengan informasi terupdate serta terbarukan. Meskipun informasi yang di kumpulkan dari berbagai macam sumber yang ada, namun konten haruslah tetap menjadi keaslian dari si pembuat konten. Dan bukannya hasil dari plagiat konten lain. Lalu, seiring berjalannya waktu konten yang dibuat dapat mempunyai karakter dan berkualitas dari hari ke hari. Dari keseluruhan uraian tersebut dapat di jadikan point-poin yang merupakan syarat dan ketentuan dalam prioritas konten yang harus kita hasilkan.
1.3. ISI KONTEN
Isi konten merupakan sumber utama yang menjadi daya tarik dalam prioritas konten. Di dalamnya berisi tujuan, ide, pendapat, maupun fakta yang bersifat mengkritik, mendidik, menghibur dan masih banyak hal lainnya yang bisa dijadikan isi dalam konten. Konten berkualitas dan berbobot di tentukan dari isi sebuah konten. Ketika kita membuat sebuah konten dalam bentuk apapun, tentu kita akan mempertimbangkan dan memikirkan mengenai isi konten.
Tak jarang juga kita mendengar pembahasan denagan istilah yang nantinya akan menjadi dasar dan sangat berkaitan dengan isi konten, yaitu tema, topik, judul dan struktur atau sistematis dari isi konten.
Sebenarnya apa perbedaan tema, topik, dan judul yang akan jadi uraian dalam isi konten? Kita seringkali menyamakannya, padahal sebenarnya dari ketiga hal tersebut sangatlah berbeda. Serta bagaimana cara sistematis atau struktur juga kesimpulan dari isi pembuatan konten. Yuk, kita pelajari perbedaannya:
1.4. PENYAJIAN KONTEN
Manusia masa kini lebih tertarik pada nilai-nilai estetika atau keindahan yang ada pada suatu konten, karna seni dan kreativitas sangat dituntut pada masa kini. Setiap orang mempunyai penilaian dan kriterian estetika yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, estetika dari suatu konten terletak pada penyajiannya. Setelah tujuan, syarat dan ketentuan serta isinya sudah terpenuhi. Prioritas selanjutnya adalah menyajikan konten kedalam bentuk yang seperti apa? Menyajikan suatu konten beragam bentuknya, mulai dari karya tulis, gambar, audio dan video. Penyajian konten yang tepat akan mempermudah menyampaikan informasi dari sumber kepada penerima. Itulah sebabnya, penyajian konten sangat penting dalam prioritas konten.
1.5. MEDIA KONTEN
Jika konten sudah terbentuk dan siap di sajikan. Di perlukan media yang menengahi antara perantara dan pengantar. Secara umum pengertian media adalah alat, wadah, saluran atau sarana yang berfungsi untuk berkomunikasi, menyampaikan pesan dan informasi dari suatu sumber kepada penerima. Pengelolaan konten di media tertentu tidak lah sama antara satu dan lainnya. Karena itu, sesuaikan konten dengan media yang akan Anda gunakan ataupun sebaliknya. Pemilihan media konten yang tepat sangat berpengaruh untuk kesuksesan dari hasil yang di inginkan
KESIMPULAN
Dengan adanya prioritas konten, proses pembuatan konten akan lebih
terarah. Karena inti dari prioritas konten adalah hal yang harus di dahulukan
diantara yang lainnya. Dari kelima prioritas konten diataslah yang menjadi daya
tarik bagi para penikmat konten. Dan juga yang membedakan antara konten
lainnya. Pahami serta pelajari setiap bagiannya secara mendalam.
Comments