Memiliki blog dengan ramai pengunjung memang harapan bagi setiap blogger manapun. Blog dengan banyak pengunjung akan menjadi ladang untuk mendulang uang atau sekedar berbagi, tergantung tujuan si blogger tersebut.
Diperlukan kerja keras dan tidak bisa di dapatkan dengan cara instan untuk memiliki blog seperti itu. Memang ada cara instan untuk mendapatkan banyak pengunjung, salah satunya membeli trafik. Tapi hal tersebut tentu tidak bertahan lama dan tidak bekerja dengan murni apalagi penuh resiko. Hal semacam itu mau Anda lakukan sampai kapan?
DAFTAR ISI
- PRIORITASKAN KONTEN
- PRIORITASKAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
- PRIORITASKAN PROMOSI BLOG
- PRIORITASKAN DESAIN ATAU TAMPILAN BLOG
- PRIORITASKAN WAKTU UNTUK EVALUASI KINERJA BLOG
Di butuhkan kesabaran, ketelitian dan kedisplinan dalam blogging. jika ingin sukses dan blog mendapatkan banyak pengunjung. Banyak tips di internet untuk membuat blog mendapatkan banyak pengunjung seperti yang akan saya jelaskan di artikel ini.
Namun secara garis besar nya, mereka akan menyarankan untuk memprioritaskan hal-hal seperti yang ada di bawah ini. Cobalah beberapa tips berikut ini, agar harapan Anda untuk memiliki blog banyak pengunjung segera terwujud.
1.PRIORITASKAN KONTEN
Di butuhkan kesabaran, ketelitian dan kedisplinan dalam blogging. jika ingin sukses dan blog mendapatkan banyak pengunjung. Banyak tips di internet untuk membuat blog mendapatkan banyak pengunjung seperti yang akan saya jelaskan di artikel ini.
Namun secara garis besar nya, mereka akan menyarankan untuk memprioritaskan hal-hal seperti yang ada di bawah ini. Cobalah beberapa tips berikut ini, agar harapan Anda untuk memiliki blog banyak pengunjung segera terwujud.
1.PRIORITASKAN KONTEN
Awalnya, blog hanya di khususkan untuk konten dalam bentuk karya tulis seperti artikel saja. Tetapi, seiring perkembangan jaman, semakin banyak pula blogger yang mengkombinasikan konten gambar, audio dan video sebagai pemanis dalam blog.
Agar menarik pengunjung datang ke blog mereka. Selama masih berkaitan dengan konten yang disajikan. Penambahan konten tersebut menjadi nilai lebih dimata pengunjung.
Karenanya, konten adalah daya tarik dalam sebuah blog. Membuat konten yang menarik perlu memperhatikan beberapa hal yang jadi prioritas konten yaitu tujuan, isi, penyajian, media, syarat dan ketentuan konten. Karena fokus konten akan selalu berkaitan dengan hal-hal tersebut.
Pengelolaan konten yang tidak benar akan membuat blog menjadi sepi pengunjung. Agar konten blog di sukai bagi human atau manusia. Maka itu, memprioritaskan konten sangat penting untuk mendapatkan banyak pengunjung.
2.PRIORITASKAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION
Search Engine Optimation atau SEO merupakan
cara agar keseluruhan konten di baca oleh mesin pencari seperti google, bing,
yandex dan lainnya. Pengguna internet terbiasa menggunakan mesin pencari untuk
mencari berbagai informasi mulai dari harga, berita, politik dan sebagainya.
Oleh sebab itu, sangat disayangkan jika konten
berkualitas tidak dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet di mesin
pencari. Muncul di hasil pencarian saja, tidaklah cukup. Konten Anda setidaknya
harus ada di halaman pertama SEO. Karena sumber trafik atau pengunjung di
dominasi oleh konten yang ada di halaman pertama.
Jika konten Anda hanya muncul di halaman
kedua, ketiga dan diatasnya, peluang untuk mendapatkan trafik atau pengunjung
jauh lebih kecil. Dengan pengelolaan SEO yang benar Anda akan mampu bersaing
dengan berbagai blog yang mengincar halaman pertama pada SEO.
3.PRIORITASKAN PROMOSI BLOG
Jika konten adalah
rajanya, promosi adalah ratunya. Mempromosikan blog merupakan upaya untuk memberitahukan atau mengenalkan blog, dengan
tujuan menarik calon pengunjung untuk menaikan angka pada trafik blog. Berbagai cara mempromosikan
blog mulai dari memanfaatkan media social, media cetak, melakukan even dan
sebagainya
Dengan mempromosikan
blog di berbagai media dapat memperluas jangkauan audiens Anda. Trafik yang
datang dari berbagai media ini, menjadi pematik untuk meningkatkan peringkat di
hasil mesin pencarian.
Meskipun Anda sudah memprioritaskan konten dan seo, tetapi mempromosikan blog harus tetap di lakukan. Search engine optimation adalah sumber trafik pasif sedangkan mempromosikan blog menjadikannya sumber trafik yang aktif. Di dukung konten berkualitas serta bermanfaat dapat mempertahankan pengunjung blog serta ranking dalam sistem pencarian di seo.
4.PRIORITASKAN DESAIN ATAU TAMPILAN BLOG
Dengan desain dan
tampilan blog yang bersahabat, menarik serta nyaman, pengunjung akan betah
berlama- lama di blog Anda. Mereka mungkin bisa saja kembali lagi untuk membaca
setiap artikel atau membagikan dan merekomendasikan blog Anda. Mengapa
demikian? Bayangkan saja Anda
mengunjungi suatu blog tertentu, disana Anda mendapati loading blog lambat saat
menampilkan konten disebabkan banyaknya widget yang tidak penting, pemasangan
iklan dan gambar tidak sesuai dengan isi konten blog.
Meskipun judul konten
menarik perhatian dan seo nya teranking di halaman pertama. Pastinya Anda
enggan kembali lagi ke blog tersebut, karena kesan pertama yang mengecewakan
bukan?Jadi, semua konten,
seo dan promosi blog yang di lakukan akan menjadi percuma jika Anda mempunyai
desain dan tampilan yang buruk. Pengunjung akan dengan mudah meninggalkan blog Anda dan
mencari informasi di blog lain.
Karena itu di butuhkan keterampilan juga keahlian agar dapat mendesain blog yang friendly. Sebenarnya ada banyak sekali berbagai template menarik, baik yang gratis ataupun yang berbayar untuk mendukung desain serta tampilan blog Anda. Namum demikian Anda harus tetap memiliki dasar agar tak asal pasang template tersebut di blog yang anda miliki.
5.PRIORITASKAN UNTUK EVALUASI KINERJA BLOG
Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan blog agar ramai pengunjung. Pengunjung blog dapat dengan mudah naik secara dratis begitu juga sebaliknya. Mencari tahu apa penyebab naik serta turunnya pengunjung dalam suatu blog, dapat di ketahui dengan melakukan evaluasi kinerja blog. Dengan memberikan waktu untuk mengevaluasi kinerja sebuah blog sangat berperngaruh dalam menentukan strategi pengelolaan blog yang terbaik.
Dalam penerapannya, melakukan evaluasi kinerja dalam sebuah blog dapat memotivasi agar dapat meningkatkan
performa sesuai dengan yang
diharapkan/direncanakan. Menetapkan Key Performace Indikator menjadi
tolak ukur untuk mengetahui perkembangan sebuah blog.
Banyak sekali tools dalam internet yang dapat di jadikan standar
dalam menetapkan Key Performance Indikator atau disingkat KPI. Contohnya
seperti smaeostool untuk mengecek konten artikel, google search console yang
memberikan data sumber trafik, pagespeed untuk megukur kecepatan tampilan blog,
dan masih banyak lagi tools yang dapat di jadikan standart untuk menetapkan KPI
dalam mengevaluasi kinerja blog.
KESIMPULAN
Tips diatas merupakan hal-hal terpenting yang umum serta saling melengkapi satu sama lainnya, agar blog ramai dikunjungi. Karena disetiap tips dari point diatas mempunyai teknik, bagian serta cara untuk pengelolaannya tersendiri. Saran untuk Anda yang membangun blog sendiri apalagi seorang pemula ada baiknya agar memulai juga mempelajarinya dan mengikutinya sesuai urutan.
Namun jika Anda memiliki tim akan mempermudah dalam
pengelolaan blog dengan berbagi tugas dan menspesialisasikan tips diatas sesuai
keahlian masing-masing. Agar mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti yang telah dibahas diawal, dibutuhkan
kesabaran jika ingin sukses dan blog mendapatkan banyak pengunjung.
Comments