Skip to main content

CARA MENGUATKAN MENTAL YANG LEMAH

   Sukses dan dapat menikmati hidup adalah dambaan bagi semua orang. Tapi, disepanjang perjalanan hidup yang penuh lika-liku, ada saja permasalahan yang harus di hadapi. Dan ada saatnya dimana mental Anda akan melemah.  Sehingga di perlukan cara membangun kembali mental yang telah melemah itu agar menjadi kuat. 

  Namun, Tak perlu khawatir jika Anda tidak tahu bagaimana caranya membangun mental yang kuat. Sebab, berikut ini adalah cara menguatkan mental yang dapat Anda coba sekarang juga.

1.Intropeksi diri sendiri.

Hal yang paling utama adalah intropeksi atau mempelajari dulu diri sendiri,  baik itu berupa kelemahan, kekurangan,  kekuatan, dan kelebihan yang ada. Lalu carilah solusi dan ambil sikap atau tindakan untuk mengatasinya.

Dengan mengenal diri sendiri dapat membantu Anda untuk berpikiran positif,  membentengi diri atas apa yang dikatakan orang lain, mengasah kemampuan, juga untuk menghargai diri sendiri dan lainnya. 

2. Ingat Tuhan sesering mungkin

Mental yang lemah sebaiknya mancari dukungan pada sesuatu yang dianggap kuat baik itu dukungan kata-kata, sikap atau tindakan dan sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa dukungan terkuat di dunia ini adalah Tuhan. Jadi, ingatlah Tuhan sesering mungkin agar mental Anda kuat.

Saya tidak tahu agama Anda. Tapi jika Anda beragama Islam, cara mengingat Allah SWT adalah dengan berdzikir, membaca Al-Quran. Anda dapat melakukannya setelah shalat 5 waktu atau di saat-saat yang lain.

3. Berpikir positif.

Jangan terlarut dalam kesedihan atau memutuskan untuk menyerah. Mungkin, Anda mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda. Berfikir positiflah akan kedua hal tersebut.

Caranya? Jadikan serta terima kegagalan dan kekecewaan tersebut,  sebagai pelajaran penting untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, mental Anda tidak tepuruk. 

4. Asah terus kemampuan diri.

Perubahan hidup yang tidak menentu dan ke tidak siapan juga ketidakmampuan diri dapat dengan cepat melemahkan mental kita. Oleh karena itu, cara lain untuk menguatkan mental Anda adalah dengan  terus mengasah kemampuan Anda.

Sebagai contoh, jika Anda adalah seorang sales dan akan mempresentasikan produk baru kepada customer,  maka pelajarilah pengetahuan produk tersebut  baik kekurangan dan kelebihannya. 

Dengan demikian, Anda percaya diri menghadapi pertanyaan dari customer Anda. Dan pastinya penguasaan kemampuan tersebut dapat berdampak positif di mata  perusahaan dan customer terhadap Anda. Tidak perlu ke dukun atau kuburan agar mental Anda kuat, bukan.?

5. Jangan pusingkan apa yang di katakan orang lain.

Barangkali Anda sering mendengar pernyataan-pernyataan seperti " Anda akan selalu gagal. Anda tidak akan sukses. Anda tidak akan berubah menjadi lebih baik. Anda tidak terampil." dari keluarga, teman, atau rekan kerja Anda sehingga dapat melemahkan mental Anda. 

Mulai sekarang jangan pusingkan apa yang di katakan orang lain. Tapi, Jika perkataan itu baik menurut Anda terbukalah dengan masukan-masukan atau saran yang membangun mental Anda. Namun jika sebaliknya, dengarkan dari telinga kanan, kemudian buang dari telinga kiri Anda. Lalu, fokus pada tujuan hidup Anda.

6. Jangan membesarkan hal-hal sepele.

Hal-hal sepele dapat menurunkan mental Anda, contoh nya ketika Anda sibuk memikirkan komentar orang lain dan jika Anda membesar-besarkannya, mengapa demikian? Karena pikiran Anda akan diliputi  dengan aura negatif. Seperti timbul nya ketidak percayaan diri sendiri yang berakibat terhadap prinsip juga pendirian yang tidak kuat serta berubah- ubah dan lain sebaginya. 

Maka dari itu, alternatifnya adalah mencurahkan energi dan pikiran Anda pada hal-hal penting yang berkaitan dengam tujuan Anda dan bebaskan diri Anda dari hal-hal sepele. 

7. Hargai diri sendiri

Saat Anda melakukan intropeksi diri mungkin saja Anda membandingkan diri dengan orang lain. Hal seperti itu sangatlah wajar, namun jika pola pikir Anda lemah ada kemungkinan hal itu dapat melemahkan mental Anda. Solusinya adalah tetaplah menjadi diri sendiri dengan menghargai diri Anda sendiri. 

Identifikasi nilai-nilai etik Anda seperti kejujuran dan kedisplinan. Selain itu, identifikasi pula kekuatan Anda dan fokus pada hal tersebut 

Hargai apa yang sudah Anda dapatkan selama ini dan terus melangkah maju dengan prinsip kuat " Anda akan lebih maju atau sukses" dari orang yang Anda bandingakan tersebut. Ingat semua manusia mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

8. Gunakan medsos secara bijak. 

Umumnya, mempunyai teman-teman berkaitan positif terhadap kesehatan mental. Tetapi, sosial media juga dapat memperburuk mental Anda. Jika tidak menggunakan medsos secara bijak.

Orang-orang yang sering membaca update status di medsos dapat menimbulkan rasa lebih buruk tentang diri mereka sendiri.  Maka dari itu ada baiknya membatasi penggunaan medsos dengan bijak. 

Misalnya bereksperimen tidak menggunakan medsos dalam sehari atau hanya 1 jam sehari. Unfriend, unfollow, atau blok teman-teman yang berpengaruh buruk pada mental Anda. 

9. Lakukan meditasi

Berberapa penelitian menunjukan bahwa meditasi bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Anda juga dapat meningkatkan mental dengan melakukan meditasi, yaitu pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu. Dengan melakukan aktifitas ini di suatu tempat yang hening selama 5-30 menit setiap harinya.

Baca juga: INGIN SEHAT? GUNAKAN ENDORFINMU

10. Berolahraga dan lakukan Aktivitas di luar ruangan. 

Untuk tahap awal, lakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki, bersepeda santai atau push up setiap hari. Berolahraga merupakan cara lain memperkuat mental. Karena aktivitas fisik menurunkan gejala depresi pada orang-orang berpenyakit mental. Dan juga dengan berolahraga dapat meningkatkan kepercayaan diri sendiri.

Selain berolahraga lakukan juga aktivitas di luar ruangan. Aktivitas dalam ruangan melindungi Anda dari panas, debu, ia dingin dan sebagainya. Tetapi, aktivitas ini dapat pula menurunkan mental Anda. Jadi, sering-seringlah beraktivitas di luar ruangan terutama di lingkungan terbuka hijau untuk memperkuat mental Anda.

11. Berani mengambil resiko 

Faktanya, banyak orang tidak berani mengambil resiko. Padahal denga  berani mengambil resiko, Anda akan keluar dari zona nyaman,  mengizinkan diri untuk melihat apa yang terjadi dan mengerahkan semua kemampuan yang ada.

Mereka yang terlalu takut mengambil resiko dan terlalu banyak menganalisis dapat membuatnya lumpuh sebelum bertindak sehingga  berakibat mental pun jadi melemah. 


12. Mengambil tanggung jawab.

Mental Anda akan semakin teruji ketika Anda berani mengambil tanggung jawab. Karena Anda akan  berkomitmen terhadap tanggung jawab tersebut, sehingga Anda tidak gentar saat harus berhadapan langsung di berbagai situasi dan kondisi. Mengambil tanggung jawab merupakan cara ampuh melatih mental Anda.

13. Jadikan pengalaman guru yang paling berharga

Guru yang paling baik adalah pengalaman. Setiap individu pasti mempunyai pengalaman atau masa lalu yang menyenangkan, sukses atau bahkan yang kelam. Namun, sekelam apa pun masa lalu tersebut, jadikan itu sebuah pelajaran agar tidak terperosok lagi ketempat yang sama sehingga mental Anda menjadi lebih baik.  

Sebagai contoh, Anda adalah pengusaha yang sukses pada masa lalu namun mengalami bangkrut. Petiklah pelajaran dari kebangkrutan Anda tersebut, apa yang menjadi penyebabnya. Tapi,  ingat kembali bahwa Anda pernah sukses, kemudian review ulang kesuksesan Anda yang sebelum nya ketika Anda ingin bangkit kembali. Karena roda kehidupan pasti berputar. 

Comments

Popular posts from this blog

ZEINTIN RETAIL SEPATU ASAL CIBADUYUT

 Bandung Cibaduyut patut berbangga dengan predikatnya sebagai sentra sepatu kulit di Indonesia. Kemampuan para pengrajin dari kecamatan Bojongloa Kidul ini menghasilkan produk lokal dengan daya saing internasional.  Baca juga:  VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR  Zeintin Retail Sepatu asal Cibaduyut. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1984 dengan awal usahanya di bidang Retail sepatu. Hingga saat ini sudah lebih dari 30 tahun usaha produksi dan perdagangan sepatu ini masih bertahan. Selain sepatu, Zeintin juga merambah ke bidang produksi lain seperti Tas, Sandal ,Kaos, Jaket, Kemeja, Dompet, Ikat pinggang dll.    VISI dari Zeintin adalah bagaimana menjadikan produk nasional khusus nya Sepatu merk Zeintin bisa menjadi primadona di negeri sendiri dan bisa bersaing di pasar internasional.   Dan, MISI nya  adalah bagaimana menjadikan produk Zeintin ini sebagai peluang usaha bagi banyak pihak dan dapat menciptakan lapangan kerja baru.  Kemampuan u

ALASAN KUAT UNTUK BELANJA ONLINE

Fenomena belanja online sedang terjadi di Indonesia, dan salah satu faktornya adalah pertumbuhan e-commerce atau perdagangan elektronik yang juga semakin pesat.  Dengan pertumbuhan tersebut, merubah kebiasaan dan perilaku masyarakat dalam bertranksaksi. Dari belanja konvensional menjadi belanja online.  Masyarakat yang terbiasa melakukan transaksi konvensional pasti bingung, serta mencari alasan dan penyebab, mengapa banyak orang suka dengan  transaksi atau belanja online? Berikut alasan kuat untuk belanja online.  1. Hemat waktu dan tenaga. Tak perlu mengeluarkan tenaga untuk keluar rumah, menghabiskan waktu dengan kemacetan, mengantri di kasir, hingga menenteng banyak barang di pusat perbelanjaan.  Dengan belanja online dan mengakses internet melalui smartphone,  kamu bisa melihat-lihat barang, hingga bertranksaksi kapan saja dan dimana saja, baik itu di kantor, dirumah,  atau di dalam perjalanan sekalipun. Setelah itu, barang yang dibeli diantar langsung ke al

VARIASI PRODUK DAN KEMASAN KRUPUK BANGKA SEVEN STAR

Parcellaku menjual Kerupuk Bangka Seven Star yang sudah terbukti lebih berkualitas, terbuat dari bahan-bahan pilihan yang selalu dijaga mutu dan standarnya, tanpa bahan pengawet, sehingga menghasilkan kerupuk kemplang yang renyah dan gurih. Kerupuk  Bangka Seven Star sudah terdaftar di Dinas Kesehatan dengan nomor registrasi DIN KES P-IRT: 206367401246. Baca juga: BANGKA, MENGAPA HARUS KRUPUK BANGKA SEVEN STAR? Variasi Produk dan Kemasan Kerupuk Bangka Seven Star tersedia dengan beberapa pilihan yang Anda dapat pesan, diantaranya: Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 2 Keping  Menjadi produk yang perputaran penjualan nya cepat untuk para pelaku usaha kuliner. Sudah terbukti dengan menjadi pendamping makanan di  Warung Langganan Parcellaku  yang menjadi mitra kami. Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 5 Keping Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Besar Isi 18 Keping Kerupuk Bangka Seven Star Keriting Kecil Isi 20 Kerupuk Bangka Seven Sta